Fitur Baru Google, Permudah Ramadan Cukup Masukan Kata Kunci

0
160
Ilustrasi Penggunaan VR (Foto: Shutterstock)

Raksasa digital Google merilis beberapa fitur untuk memudahkan pengguna mendapatkan informasi selama Ramadhan. Pada hari Minggu, 13 Mei 2018, unit Google Alphabet mengumumkan fitur pencarian selama Ramadhan dengan memasukkan kata kunci tentang bulan suci (ramadhan).

Dengan mengetik kata kunci di sekitar Ramadhan di bidang pencarian Google, informasi global akan muncul, termasuk waktu Ramadhan populer, tips, dan resep di Youtube.

baca juga:  Maafkan Suamiku…, Aku Tak Akan Menaatimu Atas 4 Hal Ini

Selain itu, Google juga meluncurkan produk baru yang menggabungkan virtual reality (VR) dengan kaligrafi.

“Lebih dari satu miliar orang sedang mempersiapkan Ramadhan kami, kami mulai beradaptasi untuk memberikan informasi selama sebulan,” kata Najeeb Jarrar, Manajer Pemasaran Google Timur Tengah dan Afrika Utara.

Laporan Khaleej Time, Jarrar mengatakan dengan inovasi, umat Islam dapat memaksimalkan kesempatan untuk menemukan informasi tentang Ramadhan dan berbagi pesan Ramadhan menggunakan VR.

baca juga:  Menuju Bulan Puasa, Ini 4 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan Yang Harus Anda Ketahui

Pembaruan Google mencerminkan kebiasaan digital umat Islam. Data Trend Goggle menunjukkan peningkatan minat pada kata kunci “kibla” “Ramadhan Kareem” pada awalnya dan sepanjang bulan suci. Selain itu, frasa kueri di bidang pencarian Google meningkat selama Ramadhan.

Ke depan, fitur Google akan terhubung dengan layanan Google Ramadhan, pencari Qibla, dan pencari Qalam.

baca juga:  Putrinya Hanya Mampu Dapat Rangking 23 di Setiap Kenaikan Kelas, Sang Ayah Terkejut Saat Dengar Penjelasan dari Gurunya

Finder Qibla, aplikasi yang diluncurkan tahun lalu, menggunakan realitas tambahan di Android, mengenali arah Qibla. Aplikasi ini sekarang tersedia dalam mode offline.

Sementara itu, Qalam adalah pembaruan dari Google. Qalam adalah aplikasi peramban yang digunakan dalam VR. Aplikasi ini menawarkan karya dari 9 kaligrafi dunia.