6 Jenis Infeksi Gigi dan Akibatnya yang Perlu Diketahui

0
77

Jika tidak ditangani, infeksi gigi dapat menyebar luas, menyebabkan ketidaknyamanan, dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Karena itu, Anda perlu menjaga kebersihan mulut yang baik untuk mencegah infeksi gigi

Jenis Infeksi Gigi
Ada banyak jenis infeksi gigi yang mungkin terjadi. Berikut beberapa jenis infeksi gigi dan akibatnya Anda perlu tahu:

Sakit gigi
Sakit gigi terjadi ketika rongga gigi (pulpa) meradang. Penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa sakit di siang hari atau rasa sakit yang muncul dan hilang berulang kali.

Penyebabnya bisa bervariasi, mulai dari kerusakan dan penyusutan gusi, gigi retak, dan pembentukan nanah di dasar gigi akibat infeksi bakteri Gejala dirasakan seperti pusing, demam, pembengkakan di sekitar gigi yang terinfeksi, dan bau busuk. penampilan gigi yang terinfeksi

baca juga:  Tidak Selalu Negatif, Justru Pengaruh Mertua dan Orang Tua yang Seperti ini Baik Sekali

Karies gigi
Karies gigi merupakan salah satu keluhan umum mengenai gigi. Ini terjadi karena pembentukan plak, yang merupakan bakteri atau kotoran yang melekat dan hidup di rongga mulut karena sisa makanan di gigi.

Pada infeksi ini, bermain bakteri Streptococcus mutans dan Lactobacillus. Gejala umum karies gigi, gigi sensitif, sakit gigi, tusuk gigi, gangguan makan, dan bintik-bintik putih, coklat, atau hitam pada gigi.

Gingivitis adalah peradangan (radang) yang terjadi di gusi.

Sama seperti karies gigi, gingivitis juga disebabkan oleh pembentukan plak pada gigi.

Infeksi ini menyebabkan gusi yang meradang (merah dan bengkak) dan membuat gusi rentan terhadap pendarahan ketika Anda menyikat gigi.

baca juga:  15 Cara Menghilangkan Sifat Egois Dalam Diri

Meskipun mudah terancam, dalam infeksi ini, gigi masih tertanam kuat dan tidak ada tulang atau kerusakan jaringan.

Namun, jika tidak diobati, infeksi dapat memperpanjang dan mempengaruhi jaringan, gigi, dan tulang yang menyebabkan penyakit gusi (periodontitis)

Infeksi gusi (Periodontitis)
Periodontitis adalah stadium lanjut penyakit gusi. Ini adalah infeksi gusi serius yang dapat merusak jaringan lunak dan tulang yang mendukung gigi.

Tanda yang muncul termasuk bau mulut, perubahan warna permen (gusi menjadi merah atau cerah), pembengkakan dan pendarahan di gusi

Infeksi ini dapat merusak jaringan dan gusi, meningkatkan risiko kerusakan gigi, menyebabkan kerusakan gigi, dan memasuki aliran darah serta menyerang organ lain seperti paru-paru dan jantung.

baca juga:  Berkah Sholat Tahajud, Polisi Berhasil Menangkap Pembunuh Sadis yang Selalu Pakai Jimat Ini

Pengobatan Infeksi Saluran Pernafasan

Untuk mengidentifikasi penyebab ini, sebagian besar dokter akan menilai kondisi gigi dan menentukan perawatan yang tepat.

Dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi, obat analgesik untuk menghilangkan rasa sakit, atau menganjurkan prosedur khusus seperti plester gigi, perawatan gigi, atau pencabutan gigi jika perlu.

Infeksi gigi perlu ditangani dengan hati-hati agar tidak menimbulkan komplikasi lebih lanjut. Karena, jika tidak segera diobati, infeksi gigi dapat menyebar ke jaringan lain, seperti gusi, tulang gigi, dan jaringan penyangga lainnya.

Jadi jika Anda memiliki keluhan gigi dan mulut, Anda harus segera berbicara dengan dokter.

Sumber: halodoc.com