Beda Tipis Antara Cinta dan Kasihan Dalam Rumah Tangga

0
148

Setelah sekian lama menikah apakah kamu masih cinta dengan pasangan mu? Biasanya awal mula pertemuan dua pasangan diawali dengan cinta.

Motifnya bervariasi ada karena kecantikan, kekayaan ataupun kedudukan. Ternyata kesemua motif ini akan berkurang dan hilang dengan pergeseran masa dan waktu.

Lalu apakah cinta itu akan berkurang juga dengan hilangnya motif-motif di atas? Kalau cinta ikut hilang maka terjadilah keretakan rumah tangga dan pergaduhan di antara pasangan suami isteri.

Ternyata jauh sebelumnya, Al-Qur’an telah memberikan tips yang sangat mulia.

baca juga:  Tips Cantik Dari Rambut Untuk Kaki Dengan Buah Alpukat

Di dalam surat ar-Rum dijelaskan bahwa pernikahan itu bukan hanya dimotifasi oleh cinta yang disebut dengan mawaddah.

Namun pernikahan juga harus didasari oleh rahmah yang berarti kasih. Dengan kedua-dua hal ini, apabila dipraktikkan maka keluarga akan harmonis.

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِّتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُم مَّوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِّقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

“Di antara tanda-tanda (kemahaan-Nya) adalah Dia telah menciptakan dari jenismu (manusia) pasangan-pasangan agar kamu memperoleh sakiinah disisinya, dan dijadikannya di antara kamu mawaddah dan rahmah. Sesungguhnya dalam hal yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kemahaan-Nya) bagi kaum yang berpikir.” (QS. ar-Rum:21)

baca juga:  Jika Anda Suami, Harus Tahu 5 Hal yang di lakukan Istri Ini, Berarti Lagi Mau Minta “Jatah”

Apa perbedaan mawaddah dan rahmah? Sederhananya, mawaddah timbul karena perasaan cinta terhadap hal-hal yang bersifat fisik, misalnya karena pasangan kita cantik, matanya indah, badannya langsing, kulitnya mulus.

Sedangkan rahmah timbul bukan dari hal yang bersifat fisik. Al-Ghazali dalam sebuah kitabnya menyatakan bahwa rahmah tak mungkin muncul jika hanya melihat hal yang berkenaan dengan fisik, melainkan lahir dari akhlak mulia, hati yang bersih, yakni perasaan sayang dan berempati terhadap pasangan hidup.

baca juga:  Suami Ngotot Poligami Istri Ikhlas Carikan Pas Istri Kedua Tiba Suami Langsung Minta Ampun Ternyata

Jika hanya memiliki mawaddah saja, sebuah rumah tangga akan kehilangan gairah cinta begitu di usia senja, di mana wajah makin keriput, menua, sementara jika pasutri sudah memiliki sifat rahmah.

Insyaa Allah kecenderungan untuk langgeng sampai akhir hayat jauh lebih besar.

Sumber: ummi-online.com