7 Karakteristik Orang Sombong dan Cara Mengatasinya

0
61

Manusia dilahirkan dengan berbagai karakter dan karakter. Baik kelebihan maupun kekurangannya. Tapi ada satu sifat yang tidak bisa ada pada manusia manapun, yaitu Sombong. Ini adalah sifat yang sangat dibenci semua makhluk, bahkan dibenci oleh Tuhan.

Orang yang sombong biasanya menunjukkan harta, keindahan / kecantikan, pencapaian, dan semua kelebihan yang dimiliki, bukan hanya orang sombong itu yang biasanya hobi merendahkan orang lain. ولا تمش في الأرض مرحا إنك لن تخرق الأرض ولن تبلغ الجبال طولا

“Dan jangan berjalan di bumi dengan arogan, karena pasti Anda tidak dapat menembus bumi sekali dan sekali Anda tidak akan sampai setinggi gunung. “ (Surat al-Isra: 37)

Mari kita lihat apa karakteristik orang sombong dan juga bagaimana menghadapinya:

1. Penghargaan Diri Berlebihan

Orang yang sombong mungkin memang memiliki sesuatu yang bisa dibanggakannya, misalnya, memiliki banyak harta, atau wajah cantik, atau suara merdu, kemudian ia merasa bangga dengan dirinya sendiri dan akhirnya menatap orang lain yang sinis. Dia menganggap tidak ada orang lain yang mampu menjadi dirinya sendiri.

baca juga:  Cara Taubat Orang yang Sengaja Meninggalkan Sholat

2. Tidak Ada Nasihat untuk Nasihat
Saran akan dianggap sebagai orang yang merendahkan dan arogan pasti akan menolak saran tersebut. Lalu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya?

Mendekati dia, terutama dengan orang-orang yang dianggapnya sebagai panutan. Bicara dari hati ke hati, karena orang yang sombong menderita penyakit hati berat

3. Tidak Menanggapi Orang Lain
Misalnya ketika di majelis, orang sombong berpendapat tetapi ada keberatan dari orang lain karena pendapatnya kurang tepat. Dalam kondisi ini orang yang sombong akan marah dan harga dirinya akan terinjak.

baca juga:  Miliarder Muda Ini Habiskan Hartanya Untuk Beramal Usai Divonis Kanker, Kematiannya Ditangisi Dunia

Untuk mengantisipasi hal seperti itu memberikan alasan yang rasional dan jelas sambil berdebat dengan orang yang sombong.

Jangan membantah bahwa, berdasarkan informasi informasi yang tepat.

4. Menolak Kebenaran
“Sesungguhnya Allah itu Indah dan mencintai keindahan. Kebanggaan adalah penolakan terhadap kebenaran dan penghinaan umat manusia.” (HR. Muslim)

Jelas hadis di atas menunjukkan bahwa orang yang sombong menolak kebenaran dan merendahkan manusia lain.

Ingat juga kisah kematian Api  laut merah, dia benar-benar mengakui Nabi Musa alaihissalaam adalah utusan Allah.

Tetapi kematiannya terlihat, karena kesombongannya dia menolak kebenaran Musa dan mati dalam keadaan pagan.

Suka Dengan Pujian
Terkadang orang yang terlalu bangga melakukan banyak hal untuk mendapatkan pujian. Ketika dia mendapat pujian dia akan merasa senang, tetapi jangan salah dengan pujian juga orang yang sombong bisa insyaf. Bagaimana bisa?

baca juga:  Akibat Buruk Perbuatan Zina dan Bagaimana Jalan Taubat Dari Zina

Yaa ketika apa yang diharapkan adalah pujian kemudian beri dia pujian setinggi langit sampai dia akan malu pada dirinya sendiri dengan apa yang dia lakukan. Pujian yang luhur akan membuatnya menyadari bahwa pujian itu tidak sesuai dengannya.

6. Menjadi Kasar
Sikap kasar yang ada pada orang yang sombong biasanya untuk membela ego yang dimilikinya, dia tidak ingin dikalahkan oleh orang lain sehingga dia akan bersikap kasar terhadap pemikirannya menjadi diterima oleh masyarakat umum.

7. Tidak Dapat Mempertahankan Hubungan
Keangkuhan lebih lanjut dalam Islam akan menimbulkan karakteristik bahwa orang yang sombong tidak akan dapat mempertahankan hubungan tersebut.

Sebenarnya orang lain normal bersamanya tetapi karena sikap arogannya yang mengganggu orang lain pada akhirnya satu per satu orang yang jauh darinya.

Sumber: ummi-online.com