Kapan Malam Nisfu Syaban 2018 ? Lakukan Ini 3 Pada 10 Syaban

0
86

Bulan Shayban akan memasuki Syaban ke-10. 10 Shaban untuk Muslim juga dirayakan sebagai malam Nifsu Syaban.

Salah satu malam Muslim yang paling menonjol dan ditunggu-tunggu di seluruh dunia. Alasannya beribadah di malam hari ke 10 Syaban atau Nisfu Syaban memiliki kebajikan yang luar biasa dibandingkan dengan malam-malam lainnya.

Menurut kalender Hijri malam Nisfu Syaban atau pertengahan bulan Syaban jatuh 1 Mei

Dikutip dari NUonline, malam nisfu Sha & # 39; larangan (tengah bulan Sha & # 39; larangan) Muslim didorong untuk hidup malam.

Selain itu juga perbanyak puasa di bulan Syaban. Meriahkan malam dalam hal ini yaitu meningkatkan ibadah dan melakukan perbuatan baik pada malam larangan nisfu Sha’er.

Sayyid Muhammad bin & # 39; Alawi Al-Maliki menegaskan bahwa ada banyak kemuliaan di malam larangan nisfu Sha’er;

Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang meminta pengampunan malam itu, mencintai orang yang meminta cinta, menjawab doa dari orang yang bertanya, memperluas penderitaan orang yang menderita, dan membebaskan sekelompok orang dari neraka.

Sha’er larangan adalah bulan kedelapan dalam urutan kalender qamariyah. Larangan Sha diturunkan dari kata syi & ab yang berarti jalan di gunung.

baca juga:  Ukhti, Begini Cara Islami untuk Menghadapi Suaminya yang Temperament, No. 7 Paling Ampuh

Bulan ini menjadi cara Muslim mempersiapkan diri untuk bulan paling istimewa setelahnya, Ramadhan.

Keutamaan Sha & # 39; larangan
] Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Nasai, Rasulullah (saw) mengatakan, “Bulan larangan Sha ‘adalah bulan yang orang lupa , karena itu terletak di antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan.

Bulan larangan Sha ‘adalah bulan penunjukan perbuatan. ”

Menyadari keutamaan bulan ini, beberapa sarjana tidak hanya menganjurkan puasa, tetapi juga meningkatkan frekuensi doa, mereproduksi dua suku kata syhahadat, dan istighfar, terutama pada tengah malam Sya Selain diyakini menjadi momen penyerahan seluruh rekapitulasi amal kepada Allah, Sha & # 39; larangan juga mengandung jejak sejarah penting dalam Islam.

Di antara hal-hal lain, pergeseran Kiblat asli Masjid Aqsa ke Masjidil Haram, dan penurunan syair-syair dari salam damai untuk Nabi Muhammad, yaitu Surat al-Ahzab ayat 56.

Ada setidaknya ada tiga praktik yang dapat dilakukan pada malam larangan nisfu Sha’er. Ketiga praktik ini diekstraksi dari buku Madza fi Sya & # 39; larangan oleh Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki.

Pertama, perbanyak doa. Saran ini didasarkan pada hadits yang diriwayatkan oleh Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW berkata,

baca juga:  Mengapa Bibir Ustaz Somad Seperti Bibir Perokok, Tanya Mahasiswi Ini

ينزل الله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء, إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

“(Rahmat “Allah SWT turun ke bumi pada malam larangan nisfu Sha. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa-dosa kaum politeis dan orang-orang yang hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi ).

Kedua, baca dua kalimat dari syahadat sebanyak mungkin. Dua kalimat shahadah termasuk kalimat yang mulia. Dua kalimat ini sangat baik dibaca kapan saja dan di mana saja terutama pada malam larangan nisfu Sha’er. kata Sayyid Muhammad bin Alawi

وينبغي للمسلم أن يغتنم الأوقات المباركة والأزمنة الفاضلة, وخصوصا شهر شعبان وليلة النصف منه, بالاستكثار فيها من الاشتغال بكلمة الشهادة “لا إله إلا الله محمد رسول الله”.

“seharusnya seorang Muslim mengisi waktu berkah dan kebajikan dengan melipatgandakan pembacaan dua kalimat syahadat, La Ilah Illallah Muhammad Rasulullah, terutama bulan larangan Sha & # 39; dan tengah malam . “

Ketiga, mereproduksi istighfar. Tidak seorang pun manusia yang bersih dari dosa dan salah. Itu manusia.
Kehidupan sehari-harinya adalah dosa.

Namun, meskipun manusia berdosa, Allah selalu membuka pintu pengampunan kepada siapa pun. Oleh karena itu, meminta pengampunan (istighfar) sangat dianjurkan bahkan lebih lagi pada malam larangan nisfu Sha’er.

baca juga:  Buatmu Para Suami, Tidak Banyak Kok Cuma 10 Hal Ini yang Paling Diharapkan Istri

Sayyid Muhammad bin Alawi menjelaskan,

الاستغفار من أعظم وأولى ما ينبغي على المسلم الحريص أن يشتغل به في الأزمنة الفاضلة التي منها: شعبان وليلة النصف, وهو من أسباب تيسير الرزق, ودلت على فضله نصوص الكتاب, وأحاديث سيد الأحباب صلى الله عليه وسلم, وفيه تكفير للذنوب وتفريج للكروب, وإذهاب للهموم ودفع للغموم

“Istighfar praktek adalah kunci untuk cara Muslim, terutama pada saat kebajikan, seperti Sha & # 39; larangan dan pertengahannya -hari. Istighfar dapat memfasilitasi rezeki, seperti yang dijelaskan dalam Al-Qur’an dan hadits. Pada bulan Sya juga melarang juga dosa diampuni, kesulitan difasilitasi, dan kesedihan dihapus. “

Seperti itu adalah tiga perbuatan utama pada malam larangan Nisfu Sha? Menurut Sayyid Muhammad. Semua perbuatan itu memiliki efek yang baik dan memberi berkat bagi mereka yang mempraktekkannya.

Semoga kita termasuk orang-orang yang menjalani malam Shah & # 39; melarang nisfu dengan memperbanyak doa, mengucapkan dua kalimat shahadah, istighfar, dan kalimat mulia lainnya.

Wallahu a & # 39; lam.

Sumber: tribunnews.com