Wow, 5 Fakta Gempar Soekarnoputra, Anak Bung Karno Dirahasiakan Selama 40 Tahun

0
299

Bung Karno yang menjabat sebagai presiden pertama Indonesia memang dikenal sebagai pemimpin penuh kharisma dan dihormati hingga kini. Namun, sosok ini ternyata juga menyimpan banyak rahasia di balik kepemimpinannya. Jika Saboom semua googling dan mencari di internet, Bung Karno memiliki 9 istri dan 11 orang anak yang dikenal oleh public. Namun, ternyata fakta mencengangkan lain, Bung Karno juga mempunyai anak lelaki lain yang sengaja dirahasiakan selama hampir 40 tahun lamanya.

Adalah Gempar Soekarnoputra, putra dari istri bernama Jetje Langelo (baca: Yece), yang dinikahi di Manado pada tahun 1957. Lantas, siapakah sebenarnya sosok ini hingga selama ini tak pernah dikenal sebagai keturunan sang proklamator. Mari simak lika-liku hidup Gempar dalam uraian berikut.

Bernama asli Charles Christofel

Lahir pada 13 Januari 1958, pria yang kini berumur 60 tahun lahir dengan nama Charles Christofel. Ia lahir dari seorang ibu bernama Jetje Langelo yang ketika itu merupakan putri kecantikan sekaligus sosok yang cerdas di Manado. Walaupun ketika itu berstatus janda 2 anak, pesona Jetje membuat Bung Karno terpikat hingga mereka menikah pada 1957.

baca juga:  10 Tahun Tidak Bertemu, Pria ini Terkejut Melihat Istri Sahabatnya
Bung Karno dan Gempar [Sumber gambar]

Charles tak pernah mengetahui siapa ayahnya hingga ia dewasa karena memang tak pernah diceritakan oleh sang ibu. Hingga puluhan tahun kemudian Charles baru mengetahui jika ia mewarisi darah biru sang proklamator. Hal tersebut dapat dilihat dari wajahnya yang sangat mirip presiden pertama tersebut.

Sengaja disembunyikan agar tak tercium rezim orde baru

Charles adalah salah satu mahasiswa Fakultas Hukum Program Ekstensi Universitas Indonesia. saat terjadi demonstrasi menuntut Soeharto turun tahta pada tahun 1998, ia adalah salah satu demonstran, mahasiswa berjas kuning yang turun ke jalanan. Karena hal tersebut sang ibu memintanya pulang ke kota kelahirannya. Dari sinilah hal mengejutkan tersebut terbuka, ia mendapat berita yang selama ini tidak pernah diketahuinya.

Bung Karno dan Jetje Langelo [Sumber gambar]

Jetje mengatakan jika ia adalah anak kandung Bung Karno, lengkap dengan bukti berupa dokumen, foto, tongkat komando, dua bilah keris serta amanat untuk memberikan nama anak tersebut dengan Muhammad Fatahillah Gempar Soekarno Putra. Gempar memang disembunyikan dengan sengaja karena Bung Karno takut hal tersebut membahayakan Jetje dan Gempar, terlebih saat rezim orde baru mengadakan operasi militer yang hendak menumpas sisa-sisa rezim Orde Lama.

baca juga:  Woow, ini 5 Fakta Unik Bayi Menangis Yang harus anda Ketahui Nitizen?

Dimintai tes DNA oleh keluarga besar Bung Karno

Identitasnya terkuak pertama kali pada tahun 2000 dalam sebuah artikel yang ditulis dalam majalah Kartini. Dengan santernya pemberitaan tersebut, salah satu putra Bung Karno, Guruh Soekarnoputra meminta agar diadakan tes DNA untuk menghindari pengakuan palsu.

Guruh dan Gempar Soekarnoputra [Sumber gambar]

Hal ini disanggupi oleh Gempar dengan syarat dilakukan secara terbuka dan didampingi dokter dari Universitas Indonesia. meskipun hasil tes DNA ini tidak pernah terungkap hingga sekarang, tak ada juga perlawanan dari keluarga besar serta anak-anak Bung Karno yang lain.

Pernah hidup terlunta di Manado ketika kecil

Sebagai seorang anak yang dibesarkan tanpa seorang ayah, Gempar tidak hidup dalam kemewahan. Ketika kecil, ia dititipkan sang ibu kepada saudaranya hingga ia mendapat perlakuan kasar bak pembantu. Memasuki usia remaja, Gempar sempat menjadi kondektur bemo serta berjualan es agar bisa menyambung hidup.

Mengalami masa kecil yang sulit [Sumber gambar]

Lulus dari Sekolah Menengah (SMA) Gempar pindah ke rumah saudara lain ibunya di Jakarta. Masih mendapat perlakuan sama membuat ia pindah dari satu tempat ke tempat yang lain, bahkan ia tercatat pernah tinggal di rumah seorang pendagang buah di daerah Gandaria. Hingga otak cerdasnya mengantarkan Gempar menjadi salah satu dari ribuan mahasiswa di Universitas Indonesia.

baca juga:  Kedua Orang Tuanya Tunanetra, Biginilah Perjuangan Gadis Ini Lulus Kuliah

Seorang politikus sekaligus pengusaha

Setelah beberapa majalah mengulas sosoknya, ia mengganti nama kecilnya sesuai dengan amanat tertulis dari Bung Karno. Dalam ranah politik, ia juga dikenal sebagai Gempar putra sang proklamator. Pada tahun 2004 lalu, ia pernah ingin terjun ke pemilihan dalam pemilu legislative dengan mendirikan Partai Nasionalis Indonesia Bersatu (PNIB).

Mirip Bung Karno? [Sumber gambar]

Sayang, tidak lolos saat verifikasi oleh pihak KPU. Sekarang, dengan sang istri Jeane Augusta Lengkong) dan seorang putra (Yohanes Yoso Nicodemus), ia berprofesi sebagai pengusaha dan konsultan hukum di Jakarta.

Itulah kisah Gempar, putra Bung Karno yang namanya tak banyak diketahui oleh orang. Walaupun tak pernah terdengar kebersamaan ia dengan beberapa anak presiden pertama itu, Gempar merasa cukup bersyukur karena terlahir sebagai anak orang paling berpengaruh di Indonesia.

The post 5 Fakta Gempar Soekarnoputra, Anak Bung Karno yang Sengaja Dirahasiakan Selama 40 Tahun appeared first on Boombastis | Portal Berita Unik | Viral | Aneh Terbaru Indonesia.