Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Mie Instan Karena Beresiko Terhadap Janinnya, Berikut Faktanya

0
87

Apakah boleh atau tidak bagi ibu hamil mengkonsumsi mie instan kerap jadi pertanyaan besar untuk ibu hamil. Terlebih saat hamil pertama, perasaan khawatir serta  cemas muncul dikala ingin mengonsumsinya.

Namun terkadang tak kuat menahan godaan lezatnya mie instan berbagai rasa. Meski mengenyangkan dan juga memiliki rasa lezat, namun mie instan tidak bisa memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan ibu selama masa kehamilan.

Nah, agar bunda tahu bahaya dan penjelasan medis dari makan mie instan saat hamil, simak ulasannya berikut.

Apa kata dokter tentang ibu hamil makan mie instan? Dr. Benny Johan Marpaung Sp.OG, seorang spesialis kandungan di RSIA Brawijaya Jakarta Selatan mengatakan,

“Saat hamil, apa yang ibu makan akan berpengaruh langsung terhadap perkembangan janin. Karena itu sebaiknya bumil memerhatikan asupan makanan yang ia konsumsi.”

baca juga:  Mengagumkan! Miss V Bisa Lebih Sehat Jika Kami Rajin Mengonsumsi Acar


Lebih lanjut Dr. Benny menjelaskan, kandungan penyedap dan pengawet dalam mie instan bisa berbahaya bagi kondisi kehamilan ibu, juga bisa menimbulkan dampak negatif pada bayi. Karena itu sebaiknya hindari konsumsi mie instan selama hamil.

“Jika memang ibu hamil benar-benar ingin makan mie instan, sebaiknya hanya satu bulan sekali,” ujarnya saat ditemui dalam acara ulang tahun kelima Orami di Penang Bistro, Jakarta Pusat (21/02/2018).

“Akan tetapi tidak ada literatur manapun yang menjelaskan seberapa banyak atau seberapa sering ibu hamil makan mie instan, ” tambahnya.

Kandungan mie instan yang berbahaya bagi ibu hamil jika dikonsumsi terlalu sering

Menurut Dokter Benny, sebaiknya ibu hamil makan mie instan dibatasi sebulan sekali saja.

1. Kandungan garam yang tinggi

Kandungan garam yang cukup tinggi dalam mie instan bisa memicu hipertensi bagi ibu hamil. Salah satu komplikasi fatal akibat hipertensi pada ibu hamil adalah preeklampsia, yang sangat berbahaya bagi ibu dan bayi dalam kandungan.

baca juga:  Cara Memutihkan Wajah dalam 1 Minggu dengan 13 Bahan Alami

Sebab itulah, ibu hamil dihimbau untuk menghindari faktor pemicu hipertensi yang bisa menyebabkan preeklampsia. Yakni makanan tinggi garam seperti mie instan.

2. Kandungan bahan kimia seperti pengawet dan pewarna

Makanan kemasan pastinya memiliki tambahan bahan kimia, seperti bahan pengawet dan pewarna. Bila dikonsumsi terlalu sering, zat kimia ini bisa mengendap di dalam tubuh. Inilah yang bisa membahayakan kondisi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan.

Selain itu, mie instan juga lebih lama dicerna oleh tubuh ibu, sehingga bisa mengganggu sistem pencernaan ibu hamil yang sudah sering bermasalah akibat hormon kehamilan.

Kandungan pengawet dan pewarna dalam mie instan bisa berbahaya bagi ibu hamil.

baca juga:  Tips Cantik Dari Rambut Untuk Kaki Dengan Buah Alpukat

Tips makan mie instan bagi ibu hamil

Meski tidak disarankan, namun jika ibu hamil benar-benar sangat ingin makan mie instan hingga selalu terbayang, masih bisa diwujudkan, kok. Namun dengan syarat ketat sebagai berikut ya, Bun:

-Saat memasak mie instan yang berkuah, buang air rebusan mie dan gunakan air rebusan yang baru atau air panas dari termos.

-Jangan gunakan seluruh bumbu mie instan dalam sekali pakai. Gunakan hanya setengah bungkus bumbu, untuk mengurangi kandungan garam yang tinggi.

-Tambahkan bahan makanan lain seperti sayuran, telur, atau potongan daging untuk menambah asupan nutrisi dalam satu porsi mie instan

-Jangan makan mie instan terlalu sering, cukup sebulan sekali saja.

Semoga bermanfaat, semoga kehamilan dan persalinannya kelak lancar…

sumber : istrisholehah.co