Pulau Weh, Tempat yang Sempurna Untuk Liburan

0
78

Travel – Ingin liburan ke Aceh, datang saja ke Pulau Weh. Banyak destinasi menarik yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan.Pulau Weh adalah pulau terbesar di Kota Sabang, sebuah kota yang masuk dalam Provinsi Aceh dan berada diujung barat pulau Sumatera. Dengan lanskap dan panorama bawah lautnya yang begitu indah, pulau ini sangat sempurna untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga.

Dari Banda Aceh, perjalanan memakan waktu 2,5 jam jika menggunakan kapal lambat dan hanya satu jam jika menggunakan kapal cepat.
Namun perlu diingat, jangan menjadwalkan untuk traveling ke Pulau Weh pada tanggal 26 Desember karena masyarakat Aceh memperingati hari terjadinya tsunami besar yang pernah melanda Aceh pada 26 Desember 2004 yang lalu dengan tidak melaut. Jadi, semua kapal penyeberangan menuju Pulau Weh dan sebaliknya diliburkan.

Jika traveler berencana berlibur ke Pulau Weh, inilah beberapa destinasi yang perlu kalian ketahui.

1. Tugu Kilometer Nol Indonesia

Tugu Kilometer Nol Indonesia terletak di Hutan Wisata Sabang, Desa Iboih Ujong Ba’u, Kecamatan Sukakarya, sekitar 5 km dari Pantai Iboih. Setelah berkunjung ke sini, kita bisa mengajukan pembuatan Sertifikat Nol Indonesia di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang di Jalan Diponegoro no 1, Sabang atau pada travel agent yang ada di Sabang.

baca juga:  5 Hal Ini Bukti Kenapa Marquez Lebih Baik Diberhentikan dari Ajang MotoGP

2. Pantai Iboih

Pantai Iboih menawarkan kecantikan bawah laut yang alami. Air lautnya begitu jernih. Jika menyelam, kita akan disambut oleh ikan-ikan dan terumbu karang yang cantik. Pantai Iboih menjadi salah satu titik snorkling tujuan traveler jika ke Pulau Weh, terutama jika membawa anak-anak.

3. Pantai Sumur Tiga

Disebut Pantai Sumur Tiga karena pantai yang panjang dan berpasir putih halus ini mempunyai tiga buah sumur yang berair tawar padahal letaknya di dekat bibir pantai. Unik ya?
Pantai ini juga menjadi salah satu spot yang cantik untuk menanti matahari terbit.

4. Taman Wisata Goa Sarang

Kawasan Taman Wisata Goa Sarang adalah milik pribadi salah satu warga Pulau Weh, namun dibuka untuk umum dan tarif masuk kawasan ini hanya Rp. 5.000,- per orang.

Baru memasuki kawasan parkirnya saja kita sudah disuguhi pemandangan yang sangat indah!

5. Pantai Anoi Itam

Anoi itam dalam Bahasa Indonesia berarti pasir hitam. Kilauan pasir hitam yang disapu air laut membuatnya berkilau eksotis. Batu-batu kapur yang berwarna putih di sekelilingnya tampak kontras serta memberi sensasi keindahan tersendiri.

baca juga:  Tak banyak diketahui, Beginilah Sumbangsih Dek Via Vallen di Jagad Sepak Bola

6. Puncak GT

Puncak Cot Bak Geuthom atau lebih dikenal dengan sebutan Puncak GT menawarkan pemandangan yang indah. Dari puncak akan tampak jalan yang berkelok-kelok, bentangan laut biru dan kapal-kapal di Pelabuhan Balohan. Telah disediakan anjungan bagi traveler untuk berfoto di sini atau sekedar menikmati suguhan alam Pulau Weh yang menawan.

7. Kawah Gunung Jaboi

Gunung yang masih aktif ini berada di Gampong Jaboi, sekitar 15 kilometer dari pusat kota. Gunung Jaboi memiliki lima kawah yang masih aktif karena adanya aktivitas panas bumi. Uap panas dengan aroma belerang menyembur dari ratusan lubang-lubang kecil di tanah. Kita tidak perlu mendaki untuk mencapai kawah pertama karena letaknya datar saja, bahkan kendaraan roda dua bisa mendekat sampai ke kawah. Jika suka dengan aktifitas mendaki atau trekking, traveler bisa mendaki sampai kawah kelima.

8. Gampong Ie Meulee

Gampong Ie Meulee merupakan kampung nelayan. Di sini terdapat sebuah pantai tempat nelayan melabuhkan kapal-kapal mereka yang cantik berwarna-warni. Terdapat sebuah talud yang berfungsi melindungi perahu-perahu nelayan dari gelombang besar yang datang dari selat Malaka dan perairan Andaman. Pantai ini juga menjadi tempat bongkar muat hasil tangkapan, pengisian bahan bakar dan logistik.

baca juga:  Di Negara Ini 1 kilo Bayi Belut bisa Seharga 16 juta

9. Sunset di Sabang Fair

Menjelang petang, traveler bisa menikmati sunset di Sabang Fair. Melihat langit dan laut perlahan mulai jingga karena pendar cahaya matahari yang akan bersembunyi di balik bukit Sabang adalah sebuah pemandangan yang luar biasa indah.

9. Sunset di Sabang Fair

Menjelang petang, traveler bisa menikmati sunset di Sabang Fair. Melihat langit dan laut perlahan mulai jingga karena pendar cahaya matahari yang akan bersembunyi di balik bukit Sabang adalah sebuah pemandangan yang luar biasa indah.

10. Sate Gurita

Tidak lengkap jika berwisata ke suatu tempat tanpa menikmati kulinernya. Salah satu kuliner yang populer di sini adalah Sate Gurita. Ada dua pilihan rasa, bumbu kacang dan bumbu Padang. Top banget, dagingnya tidak alot dan tidak tercium bau amis! Mau mencoba?

Sate Gurita dijual pada sore sampai malam hari di Taman Wisata Kuliner Sabang Fair atau pada pedagang sate gurita lainnya yang bisa kita temui di pusat jajanan kuliner malam Pulau Weh.

Tunggu apa lagi? Ayo, luangkan waktu untuk berkunjung ke Pulau Weh, Sabang. Dijamin tidak menyesal.

sumber:www.detik.com