Oh Kintamani, Kamu Cantik Sekali

0
69

Travel Community – Bali punya banyak spot cantik buat liburan traveler. Salah satunya Kintamani, dataran tinggi cantik untuk menikmati keindahan Gunung dan Danau Batur.

Indonesia memiliki banyak pulau, tetapi ada satu pulau yang paling sering di kunjungi oleh turis lokal maupun turis manca negara yaitu Pulau Dewata Bali. Bila kita berkunjung ke Bali, pasti di dalam pikiran kita adalah pantai, udara yang panas, dan teriknya sinar matahari.

Bagian dari Bali yang jarang dikunjungi oleh wisatawan adalah dataran tingginya, salah satunya adalah Kintamani. Kintamani berlokasi di bagian Timur Laut Bali. Membutuhkan waktu beberapa jam untuk dapat sampai ke Kintamani dari pusat Pulau Bali.

Untuk sampai di Kintamani, kita dapat menggunakan mobil karena jauhnya jarak yang ditempuh. Jalan yang harus dilewati pun berliku  liku dan menanjak. Di perjalanan kita dapat melihat sisi lain dari Bali selain pantai.

Kita dapat melihat di kanan dan kiri jalan warga bercocok tanam. Dan ada warga yang langsung menjual hasil panen nya di pinggir jalan, salah satunya adalah jeruk. Salah satu hal yang terkenal dari Kintamani adalah anjing Kintamani.

baca juga:  10 Potret Sisi Lain Jepang yang Ternyata Tak Seindah Seperti Drama Romantisnya

Para warga yang tinggal di situ pun juga turut menjual anjing Kintamani, yang unik adalah beberapa dari penjual anjing Kintamani menggendong anak anjing Kintamani kemana-mana seperti layaknya menjual pernak-pernik.

Setelah sampai di puncaknya, kita dapat melihat pemandangan indahnya Gunung Batur dan Danau Batur. Dan di situlah kita dapat melihat sisi lain dari Bali, karena pemandangan dan udara sejuk yang ada membuat kita merasa berada di tempat lain.

Bila ingin merenggangkan kaki setelah perjalanan yang panjang, kita dapat bersinggah di warung yang menyediakan tempat duduk yang sangat pas untuk melihat pemandangan Gunung Batur.

Saya merasa di Kintamani ini, udara dinginnya dan suasana di pegunungan membuat kita merasa tidak lagi sedang berlibur ke Bali, tetapi sedang ke tempat lain. Jujur ini pengalaman pertama saya ke sini (Kintamani). Ujar Roy Erwin, salah satu wisatawan dari Jakarta.

baca juga:  Mengendarai Sepeda Motor Mini di Jalan Raya, Anak TK Ini Menangis Histeris di Depan Polisi

Setelah kita menikmati keindahan di Kintamani, kurang lebih 20 kilometer kita dapat mengunjungi Pura Tirta Empul. Untuk memasukki Pura ini, kita harus memakai sarung yang telah di sediakan oleh Pura.

Di Pura ini, ada pemandian dari mata air suci yang masing  masing pancuran mata airnya memiliki nama tersendiri. Yaitu Pancuran Penglukatan, Pancuran Pembersian, Pancuran Sudamala dan Pancuran Cetik. Baik orang lokal maupun para wisatawan pun berbondong  bondong untuk berkunjung ke kolam ini.

Mereka yang mengunjungi kolam Tirta Empul ini pun memiliki caranya sendiri untuk menggunakan airnya, dari mulai mengambil airnya untuk dibawa pulang sampai menyuci diri ke dalam kolam. Bila ingin menyuci diri di kolam ini, kita harus menggunakan kain yang telah di sediakan oleh Pura.

baca juga:  Inilah Hijab Yang Akan Jadi Trend Pada Lebaran 2018

Ada peraturan yang tercantum bagi yang ingin masuk ke dalam kolam Tirta Empul ini, salah satunya bagi wanita yang sedang menstruasi tidak di perbolehkan masuk ke kolam ini. Baik masyarakat setempat ataupun sebagian wisatawan percaya bahwa, mata air itu dapat membersihkan diri kita dari hal  hal yang tidak baik.

Di Pura Tirta Empul ini, kita juga masih bisa merasakan sejuknya udara di Bali. Bila sehabis menyuci diri di kolam Tirta Empul, kita pasti merasa menggigil karena dinginnya angin yang berhembus.

Dengan berkunjung ke Kintamani dan Pura Tirta Empul kita dapat merasakan pengalaman berlibur yang berbeda di Bali. Pengalaman kita berlibur di Bali pun akan berbeda dari sebelumnya, tidak hanya pantai dan udara panas saja tetapi kita juga dapat merasakan pegunungan dan udara yang dingin.

sumber:travel.detik.com