Belum banyak diketahui orang, Tanaman ini Harganya Bisa Lebih dari Emas, Bahkan Punya Keistimewaan Lain Pula! Baca selengkapnya yuk!

0
38

Pernah dengar tentang Tanaman Gahuru yang juga dijuluki sebagai “Emas Hijau Nusantara” ?. Tanaman ini dijuluki demikian karena istimewa dan harganya yang tinggi.

Bahkan, harga tumbuhan ini bisa melebihi harga emas. Kamu pernah dengar Pohon Gaharu??

Pohon Gaharu merupakan pohon termahal di dunia. Bahkan, harga pohon gaharu dapat melebihi harga pohon Jati ataupun pohon Ulin (Kayu Besi) sekalipun, apalagi bila dibandingkan dengan pohon Sengon.

Harga terendah dari 1 kg kayu Gaharu adalah 300 ribu rupiah, sedangkan harga tertinggi kayu Gaharu dapat mencapai lebih dari 100 juta rupiah per kilogram-nya. Di pasaran sendiri kayu ini rata-rata dijual dengan harga 10 sampai dengan 35 juta per kilogram.

Pohon ini sudah dapat dipanen dalam kurun waktu 5 tahun serta besarnya pohon ini memiliki rata-rata diameter 40 cm hingga 60 cm dan tingginya dapat mencapai 40 m. Artinya apabila dikonversi satu pohon saja dapat menghasilkan puluhan kilogram kayu gaharu.

baca juga:  Wow, Jembatan Widang Ambrol Puluhan Kendaraan Jatuh Ke Sungai

Pasar dari kayu Gaharu pun tidak main-main. Kayu Gaharu ini sangat diminati oleh negara-negara timur tengah, seperti Arab Saudi, Qatar, Yaman, Oman, Palestina, Suriah, Turki, Persia, Iran, Kuwait, dan Irak. Selain itu, Tiongkok, Korea, Jepang, Amerika Serikat, dan Singapura pun menjadi negara importir kayu Gaharu yang cukup potensial dewasa ini.

Di Indonesia, seperti dilansir dari Grid terdapat beragam jenis pohon Gaharu.

Selain memiliki banyak jenis, tanaman ini juga memiliki nama yang beragam, baik di daerah maupun di dunia. Biasanya Gaharu juga disebut kayu karas, garu, halim, alim, kareh, galoop, karas dan seringak.

Tanaman Gaharu diburu karena memiliki keistimewaan. Tanaman ini memiliki kulit batang licin yang berwarna coklat keputih-putihan atau coklat keabu-abuan. Nah, kayu tanaman ini mengandung zat yaitu resin yang warnanya gelap.

baca juga:  10 Meme Cewek imut ini Bisa Bikin Kalian Happy, Lihat Yuk

Pohon Gaharu termasuk pohon yang dapat tumbuh besar dan tinggi. Diameter rata-rata 40 hingga 60 cm pada usia dewasa dan tingginya dapat mencapai 40 meter.

Daun dan Bunga Pohon Gaharu

Daun dari berbagai pohon Gaharu berbentuk lonjong memanjang dengan panjang 5 – 8 cm serta memiliki lebar 3 -4 cm. Ujung daun runcing dengan tampilan permukaan daun mengkilap.

Bunga dari berbagai jenis pohon Gaharu ini terdapat pada bagian atas atau bawah ketiak daun, atau dapat juga tumbuh pada bagian ujung ranting. Warna bunga ini hijau atau kadang kala kuning. Buah yang dihasilkan berbentuk bulat telur dengan ukuran 5 x 3 cm, sedangkan bijinya berbentuk bulat atau bulat telur dengan rambut-rambut halus yang berwarna merah.

baca juga:  Hati-hati Ganja Sintetis Beredar dengan Kemasan Mirip Permen

Batang Pohon Gaharu

Batang dari pohon-pohon genus Aquilaria ini tidak berbanir, lurus, dan berkayu keras. Kulit pohon berwarna coklat keputihan dengan tekstur halus. Tajuk berbentuk membulat, lebat, dengan percabangan mendatar (horizontal).

Resin inilah yang membuat Gahuru jadi istimewa. Kandungan resinnya membuat aroma Gahuru menjadi harum dan sering dibuat sebagai bahan obat-obatan, aromaterapi dan bahan kosmetik.

Sedangkan jika jenis tanaman yang sama tapi tidak ada resinnya bisa dimanfaatkan sebagai bahan ukiran dan aksesoris.

Karena memiliki banyak keistimewaan, banyak orang mengeksploitasi tanaman ini.
Itu sebabnya populasinya menurun.

Bahkan, menurut IUCN tanaman ini terancam punah. Oleh karena itu, mari kita jaga kelestariannya dari sekarang.