5 Fakta Ustadz Abdul Somad, yang Membuatnya Tak Masuk daftar Mubalig Kemenag

0
115

Berkharisma, cerdas dan mempunyai gaya ceramah yang khas, membuat UAS atau Ustadz Abdul Somad, banyak dinantikan kehadirannya. Selain pembawaanya yang santai, Da’i asal Sumatera Utara ini juga mempunyai pengetahuan agama yang luas. Disamping karena latar belakang pendidikannya yang tinggi, ustadz yang pernah mengenyam pendidikan agama di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir ini juga ditunjang pengalamannya saat berceramah di pelosok daerah Indonesia.

Baru-baru ini, Ustadz Abdul Somad dikabarkan tak masuk daftar 200 Da’i yang dijadikan sebagai rekomendasi oleh Kementerian Agama. padahal, materi ceramah yang biasa ia bawakan cenderung pada topik-topik yang menyatukan umat Islam. Terlepas dari perbedaan pandangan dan pendapat yang ada. Sosoknya yang sederhana bahkan bisa diterima kehadirannya di mana saja. Seperti apa fakta Da’i sejuta umat ini? Simak ulasan berikut.

Sempat dicap sebagai penceramah radikal

Sempat dihadang oleh sebuah ormas di Bali [sumber gambar]Meski dikenal pintar dan memiliki gaya ceramah yang santun, ternyata masih ada saja pihak yang ingin menyudutkan popularitas Ustadz Abdul Somad. Peristiwa ini pernah terjadi di Pulau Dewata, Bali. Dimana sekelompok ormas menolak kehadirannya untuk ceramah karena dinilai materinya menyinggung umat beragama lain. Tak hanya itu, Ustadz Abdul Somad pun dituntut untuk hormat dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia. Parahnya, kelompok tersebut bahkan telah melaporkan dirinya ke Polda Bali meski belum terbukti secara fakta lapangan.

baca juga:  Sopir Truk Ngebut Saat Dereknya Masih Panjang, Ini yang Terjadi Saat Dia Lewat Bawah Jembatan

Namanya tak masuk daftar Da’i rekomendasi Kementerian Agama

Balasan unik dari Ustadz Abdul Somad [sumber gambar]Meski menuai pro dan kontra, kharisma dari sosok yang akrab disapa Ustadz Somad ini masih melekat di hati masyarakat. Namun sayang, namanya tak masuk dalam daftar 200 penceramah agama yang direkondasikan oleh Kementerian Agama. Padahal, Ustadz Abdul Somad dikenal dengan cara dakwahnya yang santun. Meski begitu, sang Da’i pun memberikan penjelasan yang cukup unik saat ditanya oleh seorang netizen karena namanya tak tercantum dalam daftar tersebut.

baca juga:  10 Potret Sisi Lain Jepang yang Ternyata Tak Seindah Seperti Drama Romantisnya

Lulusan Universitas Islam terkemuka luar negeri

Ustadz cerdas lulusan Mesir dan Maroko [sumber gambar]Luasnya pengetahuan agama dan ilmu yang sering dibwakan oleh Ustadz Abdul Somad, membuat pria satu ini sangat dicintai oleh masyarakat. Hal ini berkat kegigihannya saat belajar hingga lulus pada saat menempuh pendidikan agama. Diketahui, Ustadz Abdul Somad merupakan lulusan S1 Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir yang bergelar L.c. Ia kemudian mendapatkan beasiswa dan melanjutkan pendidikan S2-nya di Daar al-Hadits Al-Hassania Institute, Kerajaan Maroko.

Penulis buku-buku agama yang bermanfaat untuk umat

Salah satu buku karangan Ust. Abdul Somad [sumber gambar]Selain aktif sebagai penceramah agama Islam, Ustadz Abdul Somad juga dikenal sebagai penulis buku yang cukup produktif. Beberapa karyanya seperti 37 Masalah Populer, 99 Pertanyaan Seputar Sholat, 33 Tanya Jawab Seputar Qurban, sangat akrab di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Kejeniusannya dalam menyampaikan ilmu agama yang dikemas dengan sangat apik dan mudah dimengerti, membuat Da’i satu ini populer di Indonesia. Terutama di kalangan anak-anak muda.

baca juga:  Sam Aliano Siap bertarung dengan Jokowi, Inilah 4 Fakta Mengejutkan Aliano Yang Tiba-Tiba Nyapres

Penceramah yang menularkan ilmunya di bidang pendidikan

Menjadi Dosen di sejumlah Universitas [sumber gambar]Tak hanya aktif sebagai penceramah, Ustadz Abdul Somad juga dikenal sebagai dosen di sejumlah Universitas di Indonesia. Tercatat, ia merupakan pengajar mata kulia Bahasa Arab di UIN Sultan Syarif Kasim, Riau, Dosen Agama Islam di STAI Al-Azhar Yayasan Makmur Pekanbaru, dan mengampu mata kuliah Tafsir dan Hadist di Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska, Riau. Luar biasa pintar ya Sahabat Boombastis.

Masyarakat Indonesia harusnya lebih bersyukur dengan banyaknya penceramah muda yang berilmu tinggi. Seperti Ustadz Abdul Somad, ia banyak berjasa dalam menyebarkan Islam menjadi simbol agama perdamaian di tengah hawa panas terorisme yang menyudutkan posisi umat muslim. Bagaimana menurutmu Saboom?

The post 5 Fakta Ustadz Abdul Somad, Da’i Sejuta Umat yang Tak Masuk Dalam Daftar Kementerian Agama