Harus Tahu, Ini 5 Keajaiban Air Zamzam yang Perlu Anda Ketahui

0
109
Sumur Air Zamzam (Sumber: http://www.islamiclandmarks.com/)
Sumur Air Zamzam (Sumber: http://www.islamiclandmarks.com/)

Siapa yang tidak kenal dengan air zamzam? Tentunya hampir semua Muslim tahu tentang air yang satu ini. Semua Muslim juga tahu dengan jelas bagaimana sejarah zamzam air tidak pernah hancur meski tidak ada hujan.

Selain itu, air zamzam tidak pernah habis meskipun ditakdirkan oleh jutaan orang di seluruh dunia selama musim haji. Nah, di sini ada 5 zamzam air ajaib yang perlu Anda ketahui.

1. Air Zamzam Tidak Pernah Terancam Punah

Lokasi air Zamzam yang terletak di Masjidil Haram, sebelah tenggara Kabah adalah situs langka yang terkena hujan. Dan ini adalah salah satu sumur ajaib dari air zamzam yang diberikan oleh Allah SWT, meskipun itu terletak di daerah kering, tetapi air di sumur zamzam tidak pernah habis atau surut.

Setiap musim peziarah tiba, setidaknya dua juta orang dari seluruh dunia datang ke Mekah untuk melakukan Haji. Setiap jemaat setidaknya membawa pulang air zamzam sekitar 5 liter. Bayangkan 2 juta orang yang dikalikan 5 liter, berapa juta liter air dibawa oleh seluruh jemaat. Belum lagi air zamzam yang digunakan oleh penduduk setempat setiap hari sebagai sumber air. Itulah keajaiban air zamzam yang baik, sebagai tanda kebesaran Allah.

2. Kandungan mineral dalam Zamzam Air

Jika kita lihat, air zamzam seperti air biasa pada umumnya. Airnya cerah, segar dan lezat. Namun, jika Anda melihat konten mineral, air zamzam jauh lebih tinggi dari air biasa.

Seperti dikutip dari sumber, air zamzam mengandung unsur alami 2.000 mg per liter, sedangkan air biasa tidak melebihi 260 mg per liter. Tentu saja, itu membuktikan bahwa air zamzam lebih baik dari air biasa.

baca juga:  Tak Menyangka Begini Alasan Menag Tak Memasukan Nama Ustad Abdul Somad

3. Fakta Nyata Tentang Air Zamzam

Pada tahun 1971, seorang dokter Mesir mengatakan bahwa air zamzam tidak sehat untuk diminum. Menurut dia, kota Mekkah tempat sumur zamzam berada di bawah air. Selain itu, ia juga menganggap bahwa air di sumur zamzam berasal dari sisa-sisa penduduk Mekah.

Itu ditolak oleh Raja Faisal yang sangat marah ketika mendengar berita itu. Kemudian, ia mengirim sampel air zamzam untuk diuji di laboratorium di Eropa. Setelah meneliti di Eropa bukanlah hasil dari apa yang dikatakan dokter Mesir.

Berikut adalah beberapa hasil penelitian yang dilakukan oleh Tariq Husaain dari studi studi pemurnian air laut di laboratorium Eropa, diringkas dari pernyataan:

– Air Zamzam melalui proses pemeriksaan alami yang unik, melalui bebatuan dan bukit pasir.

Air Zamzam bebas dari kontaminasi bakteri, karena lingkungannya diawetkan secara alami.

-The zamzam sumber alami mengalir, tanpa bantuan mesin pasokan air. Ketika mencari sumber mata air, ternyata air itu keluar dari dasar sumur.

4. Zamzam  di mata ilmuwan

Bukti kebenaran air zamzam tidak hanya berbicara dengan kata-kata tetapi juga dengan penelitian. Seorang ilmuwan Jepang yang terkenal, Dr. Masasro Imoto berpendapat bahwa zamzam memiliki beberapa fitur yang tak tertandingi oleh air biasa.

Menurut beberapa penelitian ilmiah zamzam dengan teknik nanoteknik, jika air zamzam dicampur menjadi 1000 tetes air biasa, maka air akan memiliki berbagai fitur zamzam air. Selain itu, teori ilmuwan dari teori kristalisasi air berasumsi bahwa air zamzam memiliki komposisi garam dan mineral yang stabil. Hasilnya adalah tidak ada yang mengeluh sakit setelah minum air zamzam.

baca juga:  Ini Doa Nabi Muhammad Saat Menyambut Bulan Ramadhan

5. Penyembuh Penyakit

Dengan berbagai fitur zamzam, air suci ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit di tubuh manusia. Nabi Muhammad SAW menjelaskan, “Sebenarnya, zamzam ini adalah air yang sangat diberkati, itu adalah makanan bergizi.”

Rasulullah SAW menggunakan air zamzam untuk menyembuhkan orang sakit. Itu sebabnya banyak peziarah membawa zamam ke keluarga mereka. Rasulullah SAW pernah berkata, “Air Zamzam berguna untuk apa pun yang dimaksudkan ketika meminumnya. Jika Anda minum dengan niat untuk pulih dari penyakit Anda, maka Tuhan menyembuhkannya.”

Begini Wujud Asli Sumur Air Zamzam

Sumur Zamzam kurang lebih terletak 11 meter dari Kabah, berkedalaman 42 meter.

(Sumber/Foto: islamiclandmarks.com)

Air Zamzam menjadi bagian penting dari sejarah panjang Islam. Air ini dipercaya sebagai air suci yang menyimpan kebaikan dan berkah bagi umat Islam yang meminumnya.

Ini tidak lepas dari peristiwa penting yang ada di balik munculnya air Zamzam. sekitar 4000 tahun yang lalu.

Pada waktu itu, Nabi Ibrahim dan istrinya, Siti Hajar dan putranya, Ismael, datang dan menetap di padang gurun yang tandus dan tandus. Bukan satu-satunya manusia yang pernah hidup di padang pasir.

Suatu hari, Ibrahim AS meninggalkan istri dan putranya untuk waktu yang lama. Persediaan makanan dan minuman mereka kehabisan stok. Bahkan susu Siti Hajar mengering.

Kehidupan ibu dan anak terancam oleh kehausan dan kelaparan. Siti Hajar kemudian mencoba mencari air dengan berlari dari Gunung Safa ke Bukit Marwah sambil memohon kepada Tuhan.

baca juga:  Provokatif, Akun Generasi Muda NU Menyebar Nama-nam Ulama "Wahhabisme"

Setelah 7 berjalan bolak-balik, ada keajaiban. Air mengalir di antara kedua kakinya. Tentu saja, kehendak Tuhan yang memerintahkan malaikat Gabriel untuk melangkah di tanah dan ditaburi air sekarang dikenal sebagai air Zamzam.

Beberapa tahun kemudian, Abraham datang dan diserahkan kepada Allah. Dia kemudian membangun dan memuliakan Rumah dengan bantuan putranya, Ismael. Kemudian, jadikan tempat itu sebagai tempat beribadah kepada Allah SWT.

Sungai Zamzam terletak di daerah yang sekarang menjadi Masjidil Haram, tepatnya di Kabah Tenggara.

Nah Zamzam berjarak sekitar 11 meter dari Kabah, 42 meter. Menurut cerita yang sah, ia bisa menghirup air sebanyak 11-18,5 liter per detik.

Sehingga bisa menghasilkan 660 liter air per menit dan 39.600 liter per jam. Dari musim semi ini, ada celah menuju Batu Hitam dengan panjang 75 cm, dengan ketinggian 30 cm yang juga menghasilkan sangat banyak air.

Di masa lalu, di sini, ada sebuah bangunan. Namun bangunan itu kini ditinggalkan untuk mengembangkan tawaf. Oleh karena itu, stan air minum Zamzam dipindahkan ke ruang bawah tanah, di bawah tawaf, dengan 23 langkah dilengkapi dengan AC.

Penerimaan dipisahkan antara pria dan wanita. Ada 350 air minum, 220 di kamar laki-laki dan 130 sisanya di kamar perempuan.

Nah penasaran dengan penampilan sumur air Zamzam yang pasokan airnya belum pernah habis sejak 4000 tahun lalu? Ini formulirnya.